Update 26-04-2009 Interview By Herry SIC

Band ini berdiri pada tahun 2005, dimana Endrow (Guitar), Roshid (Bass), Dedi (Drum), dan Holis (Guitar 2) memutuskan untuk meninggalkan FEAR INSIDE. Setelah itu mereka kembali membentuk band Death Metal yang diberi nama JAGAL dengan Bodas (DEVADATA) sebagai vokal. Pada Oktober 2006 mereka berhasil merekam 8 lagu dan melepaskan debut album mereka "MONSTER OF INSANITY" dibawah naungan No Label Records pada bulan Februari 2007. Dimana Steven (BRUTAL TORTURE) menjadi vokal untuk mengisi kekosongan mereka pada bagian vokal. Salah satu yang membuat mereka puas dengan pelepasan album pertama, pada bulan Maret 2007 mereka berhasil menemukan vokal tetap yaitu Nando (Ex-BOIKOT). Pertengahan bulan Januari 2008, Roshid mengundurkan diri dari posisi bass. Dan pada akhir Maret 2008 mereka berhasil menemukan pemain bass yaitu Alan (Ex-PULVERIZER). Pada tanggal 31 Juli 2008 mereka merekam 2 materi lagu baru di Primitif Studio. Dua lagu tersebut berjudul "Kronik Manipulasi" dan "Edukasi Sesat". Dan rencananya 2 lagu tersebut akan dijadikan sebuah EP yang di publikasikan oleh Henceforth Records. Dan EP ini akan dirilis pada bulan September 2008. Tangal 6 Maret 2009 Alan resmi mengundukan diri dari posisi bass. Dan ini merupakan pukulan yang berat bagi mereka. Dan setelah sekitar 2 minggu mereka melakukan audisi untuk mengisi kekosongan pada posisi bass, pada tanggal 22 Maret mereka berhasil menemukan pemain bass yaitu Didit (Ex-WAFAT). Dengan pergantian pemain, mereka berharap bisa melanjutkan target mereka tahun ini yaitu untuk membuat album ke 2.

Answered By Nando ( Vocals )
* Sorry, Personel Jagal pada Malu malu Buat di Photo he he he, jadi ga ada Photo band-nya disini Lho :)

Hello Apa Khabarnya dengan Kubu JAGAL Hari ini Boss ??
Makasih, kabar kita baik. Bagaimana dengan kabar kalian? Saya harap juga selalu baik disana. Buat bos Herry "Masih gemukan kan sekarang? Sudah lama sekali kita ngga ketemu.".

Pertama tama, kayaknya Gw masih penasaran aja dengan nama JAGAL, sebuah nama yang cukup " Gahar " dalam Imej Band Metal yang Brutal, kayaknya rada sesuai aja, en apa sebenernya Motivasi Utama dipilihnya nama JAGAL ini, apakah kalian semuanya ingin menjadi " Penjagal Metal ", yang siap menjagal abis band2 metal Rockstar yang udah mulai bikin kalian muak dengan gayanya itu ?? mungkin bisa ngasih sedikit Implementasi yang Asyik he he he
Terus terang ngga ada arti yang khusus kenapa band ini diberi nama JAGAL. Menurut cerita pengambilan nama JAGAL karena sebelumnya band ini merencanakan untuk mengulas hal-hal politik dalam bentuk lirik. Dimana kala itu politik negara kita benar-benar tidak stabil dan banyak penyelewengan (Walauapun sekarang masih juga). Maka dari itu kita menganggap bahwa politik merupakan "jagal" yang paling berbahaya. Hehehehehehe.

apa ga takut orang awam salah terka dengan nama JAGAL ?? ntar dikirain Tukang Jagal lagi he he
Hahahahahahaha..... klo masalah itu kita ngga pernah kwatir juga. Cuma sempet risih saat kasus Ryan sang "Penjagal" terkuak. Temen-temen atau orang lain banyak yang samain kita dengan dia. Tapi kita kadang-kadang juga jadi penjagal beneran. Penjagalan ayam goreng dan lain sebagainya. Ayam goreng dikasih sambal trasi plus selada air, pasti enak tenan. Hehehehehe. Pastinya kita enjoy aja dengan nama band ini.

Apa yang memutuskan Para members Pecahan band Death metal lama dari FEAR INSIDE untuk membentuk JAGAL ?? apakah band tersebut menurut kalian udah ga bisa kalian harapkan lagi untuk bikin sesuatu yang " memupuskan " semangat Death Metal Brutal kalian ?? ato awalnya cuman iseng2 berhadiah aja en akhirnya keterusan ??
Wah..... sulit juga untuk jawab pertanyaan ini. Yang pasti sebelumnya 4 orang (Endrow, Holis, Roshid, Dedi) udah memutuskan untuk mengundurkan diri dari FEARINSIDE lalu membentuk JAGAL.

Trus mengapa Bodas DEVADATA memutuskan cabut dari JAGAL, apakah Bodas juga sempet terlibat dalam materi2 Album " Monster Of Insanity " ?? ato Mungkin kayaknya Steven BRUTAL TORTURE lebih pas aja Mengisi tempat Vocalis ??
Bodas membantu kita rata-rata waktu di atas panggung selain itu kami juga sempat pakai Umar. Sebenarnya Umar yang akan mengisi album pertama kita. Namun karena ada beberapa kendala, kita comot dech Steven untuk mengisi kekosongan pada vocal.

lalu alasan JAGAL lebih memilih bekerja sama dengan Boss gendut Fitrah No Label Records untuk menangani Album " Monster Of Insanity ", padahal Khan juga masih banyak label Metal Brutal yang lebih menjanjikan materi berdarah JAGAL ??
Saat itu kami udah getol-getol nya untuk bikin album pertama. Dan kebetulan pihak No Label udah kasih tawaran juga. Jadinya langsung kita terima tawaran dari dia.

Ok rasanya Kurang Afdol kalo elo ga cerita tentang Proses penggarapan Album " Monster Of Insanity ", apakah JAGAL sangat Puas dengan hasilnya ?? en apakah JAGAL disini menyerahkan sepenuhnya Proses rekaman ini dengan teknik manusiawi tanpa tersentuh teknologi Digital yang hari ini kian diminati banyak band demi kesempurnaan materi aja namun Orang Juga pada Bete dengan Metode seperti ini, yach mungkin Audience semakin Pintar serta merindukan Nuansa " Original " aja, lebih Ok katanya.
Penggarapan album pertama dalam proses recoding hanya menghabiskan 3 shift. Untuk hasil sebagaimana kita manusia pasti masih saja ada kekuarangan nya. Walaupun sebenarnya kita semua memang sangat kurang puas dengan album pertama kita. Terkesan buru-buru gitu. Iya lah.... sayang banget klo kita udah susah payah latihan bikin lagu, ujung-ujung nya take recoding nya pake digital equipment. Sama aja yang main mesin donk klo gitu. Hehehehehehe. Dari segi kepuasan pastinya juga beda.

Band ini kayaknya juga mengalami Fase Perkembangan yang Signifikan dengan beberapa kali pergantian Formasi, en kali ini apakah JAGAL bakalan lebih memantapkan sikap dengan formasi paling solid ??
Semoga aja formasi yang sekarang benar-benar bisa bertahan lama. Dimana sekarang kita mempunyai bassis baru (Didit, Ex-WAFAT).

Gw denger sendiri materi " Kronik Manipulasi" dan "Edukasi Sesat " rasanya lebih menendang dengan hasil yang lebih Mematikan jika dibandingin dengan " Monster Of Insanity ", apakah Sound & Style ini akan lebih JAGAL patenkan sebagai JAGAL Death Metal style ??
Terus terang hasil rekaman ke dua lagu tersebut sebenarnya juga masih kurang fix. Dan kami akan memperbaiki kwalitas sound saat merekam semua materi album terutama pada saat mixing.

tema lagu2 JAGAL ?? gimana pendapat JAGAL tentang Terrorisme ?? apakah itu cuman menjadi " kedok " aja dari Orang2 Berhaluan Keras dengan ambisi Sadisnya dengan Mengatas namakan agama aja ??
Setelah saya masuk, saya merubah semua patern lirik JAGAL yang sebelumnya lebih mengambil ke politik maupun sosial. Sekarang lebih apa yang saya rasakan dan saya lihat. Contoh nya Kronik Manipulasi dan Edukasi Sesat. Dan yang pastinya bukan soal "cinta" seperti band-band pop masa kini. Hahahahahahaha. Terrorisme? Wah.... Terrorisme harus dibersihkan sampai akar-akarnya. Kemungkinan besar itu hanya kedok dari orang-orang yang ngga punya rasa manusiawi. Semua agama kan ngga ngajarin untuk nyakitin seseorang.

kayaknya Scene Kita lagi demam dengan Gempuran Death Metal dengan Elemen Blasting Intense, apakah gaya seperti ini akan menjadi Fenomena yang semakin disukai untuk 2 - 3 tahun mendatang ?? en Gimana nich dengan Booming " Deathcore " yang semakin digilai Kancah metal dunia ?? apa JAGAL juga tertarik untuk memasukkan konsep " Booming " ini dalam Style JAGAL mendatang ?
Iya..... akhir-akhir ini terasa bahwa Death Metal dengan tipikal Blasting / Slam mulai marak lagi di Indonesia. Apa lagi band-band berbahaya seperti ASPHYXIATE sedang mempersiapkan album ke 2 mereka. Bisa jadi bertahan lama. Apa lagi sekarang banyak sekali band-band Death Metal seperti itu yang ngga asal "ngebut". Semua punya warna yang beragam dan musiknya juga bagus-bagus. Deathcore lagi booming menurut saya sah-sah aja sich. Toh itu juga sebuah perkembangan dari musik itu sendiri. Cuma klo disuruh merubah konsep dengan memasukan musik yang lagi booming, kelihatan ngga dech. Kita paten aja ama jenis musik kita sekarang.

Gw liat Lagi-lagi jadwal rekaman JAGAL mundur karena kalian memutuskan untuk menambah satu materi lagu baru. Koq sampai begitu ? apakah JAGAL menambahkan sebuah lagu yang memiliki Konsep Unik ato ... ??
Sebelumnya pada bulan Desember 2008 kita emang terbentur ama jadwal manggung. Akhirnya di undur bulan Februari..... eh malah mundur lagi karena harus bikin 1 materi lagu baru. Lagu baru ini menurut saya jauh berbeda dengan lagu lainnya tanpa meninggalkan konsep Death Metal itu sendiri. Dan rencana kami lagu ini akan dijadikan bonus track di album ke dua kita nanti, dan akan di kembangkan lagi pada album-album berikutnya dan seterusnya. Yang pasti kita berusaha untuk semakin baik dari sebelumnya.

en cerita dikit Bocoran Materi album ke-2 itu yang udah selesai tahap recordingnya. rencana album ini bakalan dirilis ma label mana ??
Rencana kita akan masuk studio untuk merekam semua materi pada awal bulan Mei 2009. Kita senang sudah ada tawaran dari salah satu Label Death Metal di Jakarta. Tapi kita juga belum memastikan untuk masuk disana. Jadi kalo materinya udah beres direkam dan siap untuk dijadikan sebuah album, baru kita akan pikir-pikir soal label.

ditanya tentang khabar Scene Death Metal Surabaya, Dimanakah Keganasan band2 Brutal Sebelum JAGAL, sebut aja WAFAT ( hello Edy !! ), BRAIN DAMAGE ( Hello Pipin ), PULVERIZER, CORPSE VOMIT ( Hello Tommy !! ), BRUTAL TORTURE ( Hello Voer !! ), FEAR INSIDE ( hello Nendy !! ), en lainnya, apakah mereka bakalan kembali meramaikan Kancah Death Metal surabaya menjadi semakin Berbahaya dengan Aksi selanjutnya dari mereka ?? ayo scene Surabaya adalah Scene Death metal terbaik jawa Timur !!!
Kebetulan WAFAT akan mengadakan sesi ulang tahun mereka ke 13 tahun pada tanggal 3 Mei 2009. Dan kabar baik lainnya dari scene Death Metal Surabaya bawha BRAIN DAMAGE dan BRUTAL TORTURE telah kembali aktif untuk memanaskan kancah musik Metal Surabaya dan Indonesia. Semoga dengan kembalinya band-band terdahulu, scene Death Metal Surabaya bisa kembali hidup seperti dulu. Dan berharap bisa semakin banyak generasi-generasi baru di scene Death Metal Surabaya.

cerita nich tentang JAGAL ikutan di Kompilasi BRUTALLY SICKNESS "Orgasm Mutilation", apakah Kompilasi ini masih memiliki taring dibandingin dengan Jilid sebelumnya ?? Mengingat saat ini banyak sekali beredar Kompilasi serupa, en Kriteria menurut JAGAL, Gimana tuh menurut kalian Kompilasi yang " Keren " ?? apakah kemasannya Wah, Distribusinya Besar, Band2nya Keren + Terkenal, Punya Reputasi pada Label yang merilis ato apa ??
Ya, kita senang sekali bisa berpartisipasi di kompilasi itu. Dari segi bobot atau taring seperti yang anda katakan, mungkin kompilasi BRUTALLY SICKNESS "Orgasm Mutilation" sudah tidak seperti dulu lagi. Namun saya yakin banyak yang penasaran dengan kompilasi ini. Karena kompilasi ini merupakan awal pergerakan atau kebangkitan ESP setelah vakum cukup lama. Taring yang sudah tumpul seakan diasah kembali untuk menjadi tajam.

Ngomong2 gimana tentang pengalaman manggung JAGAL ?? so pasti ada yang mengesankan plus Menyedihkan seperti yang JAGAL beritakan dalam situs resmi JAGAL, kalo penampilan JAGAL di Purwosari sangat mengecewakan karena kesalahan besar yang JAGAL perbuat ? Why Boss ?? apakah kalian lupa Pake celana Dalam ato Mabuk berat ??
Ya, acara di Purwosari saya pribadi tentunya sangat malu sekali. Apa lagi saat itu kita sepanggung dengan FUNERAL INCEPTION dan terutama dengan penonton maupun pantia yang udah ngundang kita. Kita tidak sempat mengecek alat-alat kita. alhasil gitar yang kita bawa putus senarnya diatas panggung saat akan menggeber lagu pertama. Alhasil kita harus pakai gitar panggung. Cukup membantu di lagu pertama. Namun setelah masuk di awal lagu kedua, senar gitar panggung ikutan putus. Akhirnya kita memakai gitar panggung satu nya lagi. Dan ini titik kekecewaan dimana gitar tersebut tidak bisa memenuhi karakter sound kita. Alhasil sound gitar tidak keluar. Semoga hal seperti ini tidak terulang lagi oleh kita.

Rekomendasi New Comer band2 Death Metal Indonesia yang JAGAL anggap berbahaya untuk Hari depan ??
Band-band baru Death Metal Indonesia rata-rata berbahaya. Dan mempunyai ciri khas masing-masing.

Rencana Kedepan en Terdekat Buat JAGAL saat ini ??
Semoga kita bisa menyelesaikan album ke dua tahun ini juga.

Ok Boss Makasih udah mau Luangkan waktu buat Interview Konyol kampungan ala gw he he he, yang pasti sebagai band penjagal Poser Metal, ada ga Kata2 terakhir terkejam yang pernah terbesit di otak kalian namun belum terealisasi sampai sekarang ??
Kata terkejam, emm..... "Sedot bang..... Kena gigi uang kembali". Hahahahahahahaha. Kita juga ngucapin terimakasih buat bos Herry dan seluruh staff LOST IN CHAOS untuk interview ini. Sukses selalu untuk kalian semua.


Jagal Official Website

On Myspace

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati