Interview With AAARGHHH ( Jakarta )
Interviewed By Herry SIC

( taken from LIC # 14 issue ) Dijawab oleh Igore ( Vokills )
INDONESIA LANGUAGE ONLY !!!

Ok, Gimana Khabar AAARGHHH hari ini nich, ada sesuatu yg mungkin lagi baru or mo di kerjain saat ini?? Trus kegiatan elo sendiri lagi ngapain aja nich Gore?? Masih jadi rutinitas-kah dalam keseharian elo atau elo malah punya alasan2 lain yg perlu loe ungkapin disini, bebas koq..he..he…
Igore : Hai..Hail to all freaky! Kami smua kabarnya lagi ok-ok aja ! selalu mencoba meluangkan waktu untuk ngumpul dan melakukan beberapa latihan. Gua sendiri sekarang selain ngumpul dan latihan, lagi nyari job untuk nyari beberapa tambahan masukan.

rasanya kurang Afdol kalau Interview ini nggak di mulai dengan History singkat terbentuknya AAARGHHH
ini, so jadi Kewajiban nich buat elo geber di sini!! En sebutin formasi terakhir dari band ini untuk saat sekarang en yang akan datang! Terus gimana tuh arti " sebenernya " dari nama AAARGHHH ini menurut elo en semuanya?? Ada makna terkhusus di sini? Trus kalau nggak salah ada band Luar negeri sono yg tergolong juga udah bangkotan make nama band " AAARGHHH " ini, iya nggak?? Bisa kasih informasi nich about it?? Tentang apalah itu arti sebuah nama band yg cukup Idealis??
Igore : wah..ehm..hystoricnya ! ceritanya lumanyan jauh dan panjang..but kita singkat aja…awalnya
semua ditahun1994-an yang walhasil waktu itu dapat mengumpulkan 4 member ,kalo nggak salah! dan sampai ke tahun 1997 dengan 5 membernya band ini memiliki album pertama"brutal psycho mystical grind" cukup luar biasa ditahun itu. Namun band ini pecah terbagi-bagi sebagian member keluar dengan alasan masingx2 dan ada yang membentuk band sendiri kalo nggak salah lagi ! DELIRIUM TREMENS dan grindbuto! Dan ditahun 1998 hanya menyisahkan 1member saja yaitu J'meel - gitars..yang kemudian berhasil berkolaborasi dengan beberapa player lainnya yang antara lain salahsatu personil ROH - kautzar pada drum. Bersamaan dengan itu pula terjadi pergantian member..disini bass-robertus dan gua sendiri ikut berkolaborasi. Dengan member yang ada kita sempat melakukan tour sufferrealized to northsumatra2000 yang sebelumnya ditahun 1999 sudah
melakukan record lagi -"second arise"ep. Namun dipertengahan tahun 2001 dengan alasan suatu hal yang lebih penting harus dilakukan dengan berat hati drummer kami meninggalkan band ini. Dengan tidak putus asa kita semua berusaha mencari pengganti ,akhirnya kita temukan orangnya. Jadi personil AAARGHHH; ieyansen-drums ,robertus-bass ,j'meel-gitars gan gua sendiri vox. Kami ditahun 2002 tepatnya juli kemarin sempat merecord ulang 'second arise' + 1 lagu baru yang judulnya second arise juga. Makna khusus…ahh..nggaklah biar gampang buat disebut juga diingat aja ! dan kalo memang pernah mendengar nama band ini dari overseas scene..bisalah kasih info ke kami!

AAARGHHH boleh gue bilang adalah band paling tua di scene Jakarta, gimana tuh koq bisa ampe bertahan begitu lama, yach walau AAARGHHH juga pernah melakukan Reformasi dengan para Member-nya secara Besar-besaran di sini, gimana tuh resepnya?? Sementara yg gue banyak tau banyak band yg nggak bertahan lama dengan formasinya, apakah factor Idealis serta egoisme jadi Dominan di sini??
Igore : band tua ! tapi kami membernya masih fresh-fresh nich..he! resepnya..gimana, men
yach…sebernarnya hanya masalah existensi mungkin dari tiap member harus ada visinya ngapain dia di ug…trus mo openminded !dan kalo yang nggak tahan lama ..yach mungkin bisa jadi ego + idealis yang dominan disini.

Trus gimana khabar para Ex. Member AAARGHHH yg pernah ikut berpartisipasi era album demo pertama kalian dulu ( "Brutal Psycho mystical Grind " )?? Trus gimana Pendistribusiannya sampai saat ini?? Serta Komentar/Review dari berbagai Public Metal-nya?
Igore : kabarnya !! yach mogax2 ok-ok aja…dan beberapa masih tetap exist. Sedikit banyak mreka punya andil sebelum yang lain join di band ini.. now we just can say Thanxz for all your total support..but it's must still exist! Soal distribusinya do it ourself system dan titip edar ,sekarang masih tersedia untuk last stock 100pcs..mungkin bung herry tertarik ataw yang lainnya ! kontak aza langsung ke kami ataw bisa juga order ke edelweiss production juga local distro dikota kalian! Komentar public metal ttg album bpmg ?! kami kira lumayan bagus responnya buat yang original recordnya..tidak untuk yang bajakan ! mungkin bung herry bisa kasih waktu buat ngereview album bpmg itu lagi ?

Tentang Ep " Second arise " yg gue belum banyak tau, Gimana tuh Tentang proses pengerjaannya?? Tentang puas serta tidaknya tentu jadi factor yg asyik untuk di kemukakan secara jujur di sini?? Apakah menurut loe ada perubahan jika di bandingin dengan Demo pertama? ( Tentang Sound en style Music-nya ), elo kayaknya musti wajib cerita dech!
Igore : 'second arise'ep itu terdiri dari 2 songs from bpmg album+2new songs (in 1st recordd) and 3new songs (in 2nd record). Kita rekam semua itu dengan oneway record system alias live on track. Dan kita cukup puas sama hasilnya namun semua itu nggak terlepas dari pembenahan materi lagu untuk yang selanjutnya.

kalau nggak salah kalo AAARGHHH itu pada musical style pengen mengkombinasikan Death metal
Klasik dengan Modern metal, Gimana tuh? Cerita juga dong Beberapa band yg banyak mempengaruhi AAARGHHH secara musikalitas serta gaya music-nya! Trus apakah kalian juga tertarik dengan Hyper blast brutal death metal yg saat ini kayaknya sedang Booming-nya??
Igore : maksud kami.. mengkombinasikan musik deathmetal classic seperti SLAYER,MORBID
ANGEL,SEPULTURA sampai ke modern metal seperti CYNIC,LIQUIDTENSION,CRYPTOPSY yang laju perkembangan corak musiknya bertambah seiring dengan waktu. Untuk pengaruh musik itu kami sepertinya relatif selagi itu music metal..it's veryvery welcome!dan soal hyper itu sendiri…asik juga tertarik sih ada..namun sementara waktu kami harus bisa puas lagi sama yang sudah ada pada kami.

Cerita juga dong tentang Isi lagu2 AAARGHHH secara mendasar di Ep " Second Arise ", apa sich yg elo maksudkan sebagai ' Kebangkitan ke-2 " kalinya di sini, apakah itu termasuk Orientasi secara Spesifik tema lagu2 di sini?? Cerita dech satu-persatu lagunya!
Igore : 'second arise'ep secara mendasar kami ingin sedikit banyak menyampaikan…'jangan kita semua pernah menyerah untuk segala sesuatu yang baik' bangkit dan bangkit dari segalanya,lah1 strungle dan keep strungle! Dan untuk lagux2nya sedikit banyak memang nyambung satu sama lainnya…seperti 'eviliturgy'…jelas disini satanic worship we've got here! 'Demons remain' it's mean sisa-sisa iblis yang senantiasa tersisa dalam sisi kehipuan manusia…'Be…gods' + 'if I die' kita semua pasti ngerti apalah itu artinya! Sampai ke 'second arise' itu sendiri.

Gimana nich tentang opini elo tentang yg namanya " Major label " yg dunia musik luas menyebutnya sebagai " Serigala raksasa " dalam Industri Musik, seperti yg gue baca dalam Biograpy kalian yg kayaknya anti banget ama yg satu ini, padahal banyak sekarang band2 Brutal underground metal yg bergabung dengan label2 metal yg udah tergolong major label, semisal NUCLEAR BLAST,RELAPSE,REPULSE,MORBID yg udah tergolong major label itu, banyak lagi band2 tsb itu terlalu di Doktrin untuk menuruti " laju pasar " menuju jenjang " Out sale ", gimana tuh menurut elo?? Nggak usah jauh-jauh dech, kalau di INA sendiri ada TENGKORAK,BETRAYER,PURGATORY,GRAUSIG etc yg menurut opini mereka itu ( para band-nya ) adalah langkah yg bagus untuk maju, so gimana tuh komentar pribadi elo tentang ini??
Igore : thanxs bung herry yg merespon baik utk promobiografy kecil kami itu !thanxs ,dude!
Majorlabe..wow 'asik gila'…ichh ngerriii!ha..ha it's ok-ok aja,men good selagi band major itu nggak
ngerasa dirugiin di segala hal sama label mreka itu!..ini sepertinya cuma masalah status aja
kayaknya!…band X itu ini major ataw nggak?major ataw indie? Iya nggak?! Memang kalo band X itu sudah berkutat sekian lama dan akhirnya bisa menembus major dengan 99% idealism mereka itu…so intense ,men! Dan soal label yang bung herry sebut2x itu…mungkin masih tergolong indiependent…tapi kalo dilihat dari kacamata Ina itu sudah major…indielabel diluarsana sudah bisa kita sebut ke scope label major but worlwide has six BIGGEST record COMPANY; BMG music ,CBS record ,MCA ,POLYGRAM record ,EMI and WARNER. Itu dia yang bisa kita sebut sebagai 'rajanya serigala industri musik dunia' …Naras: national academy of recording art & scienes dan itu smua perhaps parts of riaa: the recording industry association of america….wahh..ngerriii,men!

trus gimana opini elo juga tentang perkembangan Media fanzine Underground kayak gini saat ini?? Rasanya gue banyak amati sekarang, kalau beberapa fanzine udah pada Gulung tikar alias udah Ko'it atau Nggak aktif, gue juga nggak tau, dari sini lalu ada fenomena, Anak metal di INA rasanya pada enggan untuk mengkonsumsinya, mereka milih main musik total tanpa sebuah pengetahuan tentang metal saat ini, yg akhirnya selalu nggak nyambung kalau di ajak ngomong, gimana tuh Gore??
Igore : wah..sepertinya pesat tuh!..namun utk memperjuangkan existensi dari media itu susah banget! Kalo kamu bilang ada fenomena itu..kuranglebih tepat! Why I can say that's..cause gua sendiri dulu pernah buat hal semacam itu dan juga sebagai bagian dari para reader !..daya baca ug'ers kita masih lemah kita mungkin harus akui itu. Nach..mungkin utk mensiasatinya ada sebagiana media itu yang mengkolaborasi hal-hal birahi agar daya lihat dan baca ug'ers itu naik!!! Yang..naik..malah kemaluannya…haaa..he.. but nggak apalah kalau itu untuk sementara bisa merangsang para ug'ers. Padahal dari magzine ug itu yang pasti kita bisa dapat banyak info about ug itu sendiri!..yach..jadi mulai sekarang coba kita rajin baca-bacalah!!

Mengenai perkembangan underground di Jakarta saat ini gimana?? Masihkah seramai tahun kemaren atau justru malah sebaliknya?? Juga tentang Event U/G yg saat ini sering di adakan namun sepi audience, dgn factor yg bermacam-macam dengan problem yg satu ini, ayoo cerita dong gore, mungkin elo tau banyak dech! Oh ya rekomendasiin dong band2 jakarta juga INA yg masih aktif serta perlu di waspadai keberadaannya dalam scene INA ini!!
Igore : still ug,men growth slowly but it's surely. Buat eventx2nya sendiri kadangx2 bisa 'menggila'
sampai-sampai ada tabloid nasinal yang ikutan nimbrung + support dieventx2 itu! Soal ramai ataw sepi …yang pasti pasar ataw mal dipastikan ramai apalagi menjelang akhir pekan..he..he sepi audience untuk yang satu ini gua nggak tau banyak nich..soalnya kalo ada event ug gua sama kawan yang lain pernah kebagian 'jabatan' dan itu sebagai stage crew dan security yang dialami j'meel di event total noise beberapa tahun yang lalu so…sorry nich kalo soal sepi nggaknya mungkin perannya dipegang sama bag. humas kali yach.

Sebutin 10 faforite album Brutal terbaik elo sepanjang masa ini ( INA juga Overseas! ) juga komentar elo tentang band2 brutal yg baru mencuat akhir2 ini macam : SEVERED SAVIOR,DECREPIT BIRTH,MISERY INDEX,BRUTUS,CORPSE FUCKING ART,etc!! atau elo ada rekomendasi sendiri yg lain?? Sebutin dech!
Igore :
1.thrash generation- EARACHE
2.brutalpsychomysticalgrind- AAARGHHH
3.deicide- DEICIDE
4.robot titanic- ZULOT
5.world down fall- TERRORIZER
6.dimensi kematian- EDELWEISS
7.in the name of hate- MALICIOUS HATE
8.brutallysickness- EXTREMESOULS
9.symphonies of sickness- CARCASS
terakhir second arise ep-AAARGHHH.
SEVERED SAVIOR ,MYSERY INDEX ,CORPSE FUCKING ART ,SIK FUK ,ALIENATIONMENTAL ,EXUME EXCRETOR ,CHRIST DENIED ,IMPURE ,MORGUE ,FORCE ,DISGORGE ,FATE ,CORPSE VOMIT juga HATE ETERNAL dan yang lainnya itu asik smua ,men! bahaya-bahaya …sebagian ada yang gua denger dari kawan.

Kegiatan lain anak2 AAARGHH yg lain selain main di AAARGHHH?? Apakah menurut elo dunia musik Extreme metal gini di INA dapat di jadikan Sebagai Mata Pencaharian Hidup??
Igore : ehmm..kami semua disini sedikit banyak ada bisnis tambahan…drummer kami bantu
keluarganya, bassis kami nyibukin diri juga sambil ngelarin kuliahnya yang nggak ada ujungnya..(kasihan dah lo..jadi simpati smua tang ada di AAARGHHH!)…begitu juga sama gua dan j'meel terus nyari masukan tambahan! Mungkin suatu waktu kami bisa menhidupi band kami yang mendapat masukan dari band ini sendiri..dari band untuk band ,mungkin!

Sebutin 10 type cewek yg bener2 buat elo jadi di bikin " manis " bahkan semanis-manisnya..ha..ha..( Stupid Question! ),Juga Personil yg lain!! Gimana tuh komentar elo, seandainya elo di tawari kontrak buat sebuah Film Porno dengan lawan main, elo Boleh pilih : Jihan Fahira, Tia Ivanka, Sarah ashari, Ayu ashari atau Shinta Bella ( MC-nya " Sik-Asik " ),ayooo jawab gore!! Ha..ha….
Igore : cewexs kami masingx2 ,mungkin ! Ehmmmm ahhhh ahhh…tawaran maen film BF ich
ngerri…mustahil lagi ..nggak mungkin ..soalnya kemaluan orang INA nggak ada yang gede..!! padahal kalo nggak salah ,gede itu salah satu syaratnya!ha..ha...ha

Rencana selanjutnya dari AAARGHHH untuk yg akan datang! Sebutin or bocorin dech tentang lagu2 terbaru kalian yg akan siap di rilis nanti!!
Igore : latihan + ngumpul….dan juga bakal ngeluarin album di tahun 2004.

apakah igore tau tentang Blitar Underground Community scene?? Tentang Band2-nya,Fanzine,label,atau Individu yg elo kenal sebelumnya??
Igore : belum tuh! Soalnya belum kami belum pernah ke Blitar sana! tau juga palingx2 seperti FETID records ,DETRUKSI MATA HATI records ,INFECTION CORPSES, GONORAHOEA -raw tape records but it's surely sick boy! ,out the nation nl juga LOST IN CHAOS tentunya! So buat semua ug'ers khususnya Blitar yang suka mailing bebasx2 aza kontak ke kami asal ada prangko balasannya-sure to be replayed! Please & welcome! Ok it's all my pleasure!

Your Last Words!!!
Igore : Thanxs buat lost in chaos who has fate on us, thanxs ,Her! To all ug'ers KEEP READ ,KEEP

HEARD ,STAY UNDERGROUND UNITE as ONE+ TOTALLY SUPPORT FOR TRULY UG MOVEMENT WITH YOUR OWN FUCK UP STYLE, OR PLEASE Suck My Cock !!!!

* Check More Complete Interview & Picture
Please Just Click on Official Webzine
LOST IN CHAOS Mediazine

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati